3.1 Morfologi dan Anatomi Hidung

Hidung merupakan indera khusus yang terletak didalam rongga hidung. Daerah sensitif indera pembau terletak di bagian atas rongga hidung. Struktur indera pembau terdiri dari sel penyokong yang berupa sel epitel dan sel pembau yang berupa neuron sebagai reseptor.

Sel pembau memiliki tonjolan ujung dendrite berupa rambut yang terletak pada selaput lender hidung. Ujung lainnya berupa tonjolan akson membentuk berkas yang disebut saraf otak I (saraf olfaktori). Saraf ini akan menembus tulang tapis, masuk ke dalam otak kemudian bersinaps dengan neuron traktus olfaktori pada bulbus olfaktorius.

Bulu hidung di dalam kaviti hidung menapis debu dan mikroorganisma dari udara yang masuk dan lapisan mukus yang memerangkapnya. Bekalan darah yang banyak ke membran mukus membantu mengawal udara yang masuk menjadi hampir sama dengan suhu badan di samping melembabkannya. Selain itu hidung juga berfungsi sebagai organ untuk membau kerana reseptor bau terletak di mukosa bahagian atas hidung. Hidung juga membantu menghasilkan dengungan (fonasi).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar